Keungulan Kubah Masjid Istiqlal Jakarta

Kubah Masjid Jakarta – Berbicara dengan Kota Jakarta tentunya ada salah satu masjid yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Nama dari bangunan tersebut adalah Masjid Istiqlal. Sebuah tempat ibadah kaum muslimin yang begitu di sakralkan akan keberadaannya. Oleh karena itu, desain arsitekturnya menerapkan prinsip minimalis, dengan mempertimbangkan keberadaan yang ada di daerah dengan cuaca tropis.

Keungulan Kubah Masjid Istiqlal Jakarta

Desain interior maupun eksteriornya sangat nampak pada letak masjid yang berdekatan dengan bangunan pusat pemerintahan. Kemudian pada bagian dalam kubah masjid yang berhiaskan kaligrafi merupakan hasil adopsi nuansa arsitektur khas dari Timur Tengah. Dalam mendesain Masjid Istiqlal juga mengambil gaya arsitektur Eropa.

Untuk selanjutnya kubah masjid jakarta yang satu ini mempunyai diameter 45 m, yang terbuat dari kerangka baja stainless steel dari Jerman Barat dengan berat 86 ton, sementara bagian luarnya dilapisi dengan keramik. Ukuran berdiameter 45 meter merupakan simbol penghormatan dan rasa syukur atas kemerdekaan Bangsa Indonesia pada tahun 1945 tersebut. Pada kubah luar berdiameter 3 meter dan berat 2,5 ton. Dari dalam kubah di topang oleh 12 pilar berdiameter 2,6 meter dengan tinggi 60 meter, 12 buah pilar ini merupakan simbol angka kelahiran nabi Muhammad SAW yaitu 12 Rabiul Awal tahun Gajah atau 20 April 571 M.

Demikian pemaparan artikel tentang kubah masjid Jakarta apabila ada kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *