Kubah Masjid Cordoba

Masjid Cordoba – Dikenal secara lokal sebagai Mezquita Catedral, Masjid Agung Cordoba adalah salah satu struktur tertua yang masih berdiri dari waktu umat Islam diperintah Al-Andalus (Muslim Iberia termasuk sebagian besar Spanyol, Portugal, dan bagian kecil dari Perancis Selatan) di 8-an abad. Cordoba adalah naik kereta dua jam selatan dari Madrid dan menarik pengunjung dari seluruh dunia.

Kubah masjid ini menonjol dan berkaitan dengan rangka-rangka lain yang tengahnya membentuk pola segi delapan berdiameter 6 meter ini menunjang rangka cupola. Adapun lengkungan-lengkungan itu mengikuti prinsip dari dua bujur sangkar yang melintang satu sama lainnya sejauh 45 derajat. Pada langit-langit seluruhnya dihiasi dengan motif-motif mosaik yang sangat indah dengan latar belakang warna emas. Yang menambah pesona tampilan kubah masjid tersebut.

Kubah Masjid Cordoba

Mezquita juga dilengkapi relung doa kaya emas. Tapi fitur yang paling menarik Mezquita adalah tentu mihrab, sebuah kuil kubah masjid mosaik Bizantium yang dibangun oleh Al Hakam II (961-76). Sekali bertempat Quran dan peninggalan Muhammad. Di depan Mihrab adalah Maksoureh, semacam ruang tunggu untuk khalifah dan pengadilan, mosaik dan plasterwork membuat sebuah karya seni Islam.

Meskipun perpaduan tidak cocok dengan sisa masjid, paduan suara Baroque abad ke-16 adalah pemandangan yang mengesankan, dengan langit-langit yang rumit dan kaya diukir warung paduan suara abad ke-18. Demikian itu merupakan ulasan kubah masjid cordoba.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *