Kubah Masjid Nabawi Bergeser

Kubah Masjid Nabawi Bergeser – Masjid Nabawi merupakan salah satu masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat dan kaum muslimin di tengah kota Madinah. Masjid Nabawi ini dibangun di atas tanah milik anak yatim yakni Sahal dan Suhail yang dibeli dengan harga 10 dinar dan ditambah dengan tanah wakaf As’ad bin Zurarah serta tanah bekas makam kaum muslimin yang sudah rusak.

Kini sembari dengan perkembangan zaman, masjid Nabawi ini mengalami beberapa perkembangan yang di sana juga dibarengi dengan proyek perluasan dari masjid ini pada bulan shafar 1405H. Perluasan Masjid Nabawi yang paling signifikan dan termegah sepanjang sejarah. Tepatnya pada bulan Muharam 1406 H atau Oktober 1985 M.

Kubah Masjid Nabawi Bergeser

Tidak hanya itu saja, namun masjid Nabawi juga memiliki kubah masjid yang berukuran masing-masing 18×18 m. Atapnya dibuat kubah yang bisa dibuka dan ditutup secara elektronik dan juga dapat secara manual. Setiap kubah memiliki berat 80 ton yang terbuat dari kerangka baja dan beton yang dilapisi kayu pilihan dengan hiasan relief yang bertatahkan batu mulia sejenis virus yang sangat indah, sedangkan bagian luar atasnya dilapisi dengan keramik tahan panas. Dengan desain warna hijau tampak megah di lihat dari kejauhan.

Selain itu juga di masjid tersebut sudah terdapat kubah masjid geser paying. Terdapat 27 kubah di Masjid Nabawi ini yang semuanya dirancang sebagai sliding dome atau kubah yang dapat digeser untuk dibuka dan ditutup kembali sesuai keperluan layaknya sebuah pintu atau jendela di atap masjid. Adapun 27 sliding dome tersebut diletakkan masing- masing sebanyak 12 kubah di bangunan sayap kiri dan 12 kubah di kanan serta 3 kubah di bangunan sayap belakang bangunan utama masjid Nabawi.

Kemudian pada Ke-27 kubah geser tersebut merupakan salah satu bagian dari proyek perluasan Masjid Nabawi yang dilaksanakan oleh Raja Fahd di tahun 1992-1994. Selanjutnya proyek perluasan Raja Fahd tersebut kini disebut-sebut sebagai proyek perluasan paling komplit dan komprehensif dalam sejarah Masjid Nabawi.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *