Kubah Masjid Nabawi Berubah Merah

Kubah Masjid Nabawi Berubah Merah – Siapa yang tidak mengenal masjid Nabawi yang terkenal dengan nama kubahnya adalah Al-Khadlara’ atau bisa di sebut pula dengan kubah hijau tempat makan Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam. Namun pada kejadian beberapa waktu silam kaum muslimin digemparkan dengan peristiwa kubah masjid yang berwarna hijau tersebut berubah menjadi merah.

Kejadian langka ini membuat para kaum muslimin dan jamaah haji terheran-heran dan spontan melantunkan shalawat bersama. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa peristiwa tersebut merupakan salah satu tanda kemarahan NAbi Muhammad dan ada pula yang mengatakan hal itu menandakan akan munculnya Imam Mahdi.

Kubah Masjid Nabawi Berubah Merah

Namun usut demi usut kemudian dijelaskan oleh pegawai pengawal yang menjaga masjid tentang peristiwa yang dianggap misterius tersebut. Bahwa sebenarnya kejadian tersebut adalah bukan seperti yang diasumsikan oleh para jamaah. Sebenarnya apa yang terjadi pada kubah masjid yang berubah menjadi warna merah tersebut adalah karena faktor pantulan cahaya lampu merah yang berdekatan dari Kubah Hijau itu.

Lampu tersebut sudah 30 tahun tidak dinyalakan. Beberapa waktu yang lalu pernah dinyalakan, namun dengan tujuan untuk menunjukkan waktu sholat magrib dan berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Pertama kali pembuat kubah masjid di atas kuburan Nabi Muhammad ini adalah Sulton Qalawun As-Shalihi yang dikerjakan pada tahun 678 H dan berbentuk empat persegi panjang dari sisi bawah. Sedangkan atasnya berbentuk delapan persegi dilapisi dengan kayu. Didirikan di atas tiang-tiang yang mengelilingi kamar dan dikuatkan dengan papan dari kayu lalu dikuatkan lagi dengan tembaga dan ditaruh di atas kayu dengan kayu lain.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *